Cara Menghitung KWH PLN Prabayar


Cara Menghitung KWH PLN Prabayar

Sebagian dari masyarakat ada yang belum mengetahi bagaimana cara menghitung KWH PLN Prabayar, ini di sebabkan ada sedikit perbedaan dari PLN Prabayar  dengan sistem sebelumnya (PLN Pasca Bayar ).Untuk membantu anda yang mungkin belum memahami bagaimana cara menghitung Pulsa PLN Prabayar ini berdasarkan TDL tahun 2010.

Cara Menghitung KWH PLN Prabayar ini, MMR TRONIK ambil contoh sumbernya dari artikel yang telah di buat oleh sesama Server Pulsa Elektronik yaitu efatacell. Dan untuk contoh kasusnya adalah mengulas perhitungan tarif PLN Prabayar untuk kebutuhan kalangan rumah tangga.berdasarkan Peraturan Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral 02 2010.Perhitungan ini berdasarkan pengalaman dari salah satu staff Server Pulsa tersebut dalam melakukan pembayaran PLN Prabyar ini. Di bawah ini adalah contoh lampiran :






Dari lampiran di atas bisa dilihat bahwa untuk perhitungan tarif listrik PLN Prabayar ini sebenarnya jauh lebih sederhana dari perhitungan tarif listrik untuk PLN Pasca Bayar.  Tarif PLN Prabayar ditentukan hanya berdasarkan batas daya. Dan juga tidak ada perhitungan biaya beban dan tarif bersifat flat (tidak ada pembagian tarif berdasarkan blok).

Adapun Komponen – komponen yang terdapat dalam tarif PLN Prabayar antara lain :
1. Biaya Pajak Penerangan Jalan (PPJ)
2. Biaya Materai
3. Administrasi operator (Bank, Koperasi, dll)
4. Biaya Listrik Prabayar

Keterangannya sebagai berikut :
Perhitungan Biaya Pajak Penerangan Jalan (PPJ)
Cara Menghitung KWH Untuk Biaya PPJ yang di tetapkan, akan berbeda antara satu daerah dengan daerah lainnya, Hal ini di karenakan besarnya PPJ ini di tetapkan oleh Pemerintah Daerah setempat.dan Dana PPJ yang di bayarkan oleh pengguna akan masuk kedalam kas daerah setempat. Besarnya ditentukan dari presentase biaya listrik Prabayar (besaranya sekitar 5 % bisa lebih ataupun kurang)
Perhitungan Biaya Materai
Biaya Materai ini sifatnya berlaku umum untuk semua transaksi keuangan, adapun besarnya bea Materai ini adalah sebagai berikut :
- Transaksi Sampai dengan Rp 250.000,- : Rp 0,-
- Transaksi > Rp 250.000,- sampai dengan Rp 1 juta : Rp 3.000,-
- Transaksi > Rp 1 juta : Rp 6.000,-
Perhitungan Biaya Administrasi Operator
Biaya Adm Operator ini muncul Karena dalam sistem kerjanya, PLN Prabayar bekerja sama dengan berbagai bank di Indonesia, seperti Mandiri, BCA, BNI, Bukopin dll.Untuk Biayanya sendiri, tentu akan berbeda antara bank yang satu dengan bank lainnya (sesuai kebijakan masing – masing bank ).

Perhitungan Biaya Listrik Prabayar
Cara Menghitung KWH PLN Prabayar ini lebih mudah dibandingkan dengan listrik reguler. Anda cukup membagi rupiah dengan tarif di table untuk batas daya tertentu.
Seperti halnya pulsa handphone, pulsa listrik juga tersedia dalam beberapa nominal tertentu, untuk MMR TRONIK sendiri menyediakan beberapa nominal dari nominal 20 rb s/d 200 rb, untuk harga yang berlaku untuk masing – masing nominal, anda bisa melihatnya di menu harga produk. Untuk perbedaan antar pulsa elektrik PLN dengan pulsa Handphone, harga pulsa PLN sudah termasuk Biaya adm dan lainnya sedangkan untuk pulsa Handphone tidak termasuk bea adm.
Contoh: Anda akan membeli pulsa listrik seharga Rp 100.000,- untuk batas daya 1.300 VA, maka perhitungannya sbb:
1. Mula-mula harga dipotong semua biaya sbb:
a. Dipotong biaya Materai: Rp 0 (lebih kecil dari Rp 250.000,-), sisa uang Rp 100.000
b. Dipotong Biaya Admin: Rp 3.000,- (Bank BCA), jadi sisa uang Rp 97.000,-
c. PPJ (anggap 5% biaya listrik Prabayar), sisa uang/biaya listrik prabayar (A) + PPJ (A x 5%) = Rp 97.000,-
Kalau menggunakan rumus matematika menjadi: A + A x 5/100 = 97000
Jadi A (sisa uang/biaya listrik prabayar) = 97000 / (1 + 5/100) = Rp 92.380,95
Dan biaya PPJ = 92.380,95 x 5/100 = Rp 4.619.05
2. Baru disini kita bisa menghitung berapa kWh yang kita dapat dengan membagi biaya listrik prabayar dengan tarif yang berlaku untuk batas daya 1.300 VA, yaitu sesuai table 790 Rp/kWh sbb
92.380,95 / 790 = 116,94 kWh

Semoga artikel di atas bisa sedikit membantu anda,bila anda ingin melakukan pengisian pulsa PLN Prabayar di MMR TRONIK, anda bisa menggunakan format yang kami sediakan khusus untuk pengisian pulsa elektrik PLN Prabayar

Subscribe to receive free email updates: